Senin, 17 April 2017TApril 17, 2017

Pengertian Aspek Pasar


Pengertian Aspek Pasar

1.Pasar didefinisikan sebagai tempat bertemunya penjual pembeli atau tempat terjadinya transaksi jual dan beli Sedang, Pemasaran didefinisikan sebagai suatu proses terjadi,transaksi jual dan beli.
Dari definisi singkat ini dapat disimpulkan bahwa pasar bersifat statis Sedangkan pemasaran bersifat dinamis. Jika kita menggunakan kata pemasaran berarti kata tesebut sudah mengandung kata pasar. Pemasaran seringkali disebut sebagai ujung tombak perusahaan. Ujung tombak pada sebuah tombak menempati posisi terdepan dan analoginya pada perusahaan,

Ø  Konsep Pokok Dalam Aspek Pasar
  Faktor utama yang perlu dinilai dari aspek pasar antaralain:
·         Jumlah permintaan produk masa lalu dan masa kini serta kecenderungan permintaan di masa yang akan datang.

·         Berapa besar kemungkinan market spaece /market potensial dimasa yang akan datang.

·         Berapa besar market share yang di rencanakan berdasarkan rencana produksi.

·         Factor –faktor apa yang mempengaruhi di masa mendatang.

·         Strategi yang di perlukan dalam meraih market share yang akan direncanakan.
Karateristik pokok aspek pasar di negara berkembang.
Seringkali permintaan nasional untuk  produk tertentu tidak terlalu besar , sehingga menyebabkan terjadinya  kejenuhan pasar.
Adanya garis pemisah yang cukup besar antara segmen pasar yang ada atas dasar geografis, dan  Status  sosial, sehingga mempengaruhi strategi pemasaran.
Kebanyakan produk   yang  dibuat merupakan produk pengganti produk import.
Untuk jenis produk tertentu seringkali import terlalu besar, peranan pemerintah untuk ikut campur tangan dalam mempengaruhi pasar. Hal ini perlu diketahui investor untuk berhasilnya proyek  tersebut.
1.      Daya Serap Pasar
     Daya serap pasar merupakan peluang pasar yang dapat di mamfaatkan dalam memasarkan hasildari proyek yang di rencanakan. Dalam aspek pasar dan pemasaran harus diteliti, dipelajari,dinilai tentang :

·         Permintaan pasar

·         Selera konsumen

·         Kemampuan konsumen

·         Tingkah laku konsumsi

·         Siapa/orang yang menjadi konsumen terhadap produk yang dihasilkan?

·         Berapa besar peluang yang ada?

·         Berapa besar market share

 Untuk melihat daya serap pasar terhadap produk yang dihasilkan, Umumnya dapat dilihat dari segi permintaan, penawaran, market spaece serta market share.
2.      Daya Serap Segi Permintaan
Untuk mengetahui daya serap  pasar dapat dihitung dari atas dasar konsumsi perkapita dan jumlah  konsumsi nyata. Dari besaran  konsumsi perkapita  dan konsumsi nyata kita dapat diketahui seberapa besar peluang yang masih bisa di kembangkan,Data  konsumsi perkapita bisa di hitung per-bulan dan per-tahun.
Pengertian Pemasaran
Ada beberapa definisi mengenai pemasaran diantaranya adalah :
a. Philip Kotler (Marketing) pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
b. Menurut Philip Kotler dan Amstrong pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.
c. Pemasaran adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang- barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan.
d. Menurut W Stanton pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.
Ø  Fungsi pemasaran
Para manajemen perusahaan atau para manajemen atau pemilik organisasi proyek harus memperhatikan berbagai fungsi pemasaran, bagi pemilik atau organisasi proyek adalah bahwa pada perusahaan aktifitas sudah berjalan , sedangkan pada organisasi proyek, aktifitas regulernya sedang di pelajari atau di analisis. Oleh karena itu, para manajemen atau para pemilik organisasai proyek harus mempertimbangkan betul berbagai aspek proyek guna di persiapkan manakala gantinya proyek di terima dan di aktifitas reguler harus di kerjakan. Di sini akan di sebutkan beberapa aspek fungsi pemasaran.

·         Membeli
·         Menjual
·         Transportasi
·         Penyimpanan
·         Pembebanan
·         Standarnisasi
·         Tingkatan produk
·         Menanggung resiko
·         Harga
·         Informasi pasar
Strategi pemasaran
        Strategi pemasaran adalah berbagai usaha yang perlu dilakukan oleh calon investor dalam mempengaruhi keputusan konsumen untuk melakukan pemebelian hasil produksinya. Hedaknya dibedakan usaha-usaha pemasaran ketika pertama kali memasuki pasar dan usaha lanjutan sesuai dengan kedudukan produk dalam persaingan dan kedudukan produk pada siklus.
· Metode Pengukuran Dan Peramalan Permintaan
         Ada beberapa metode yang dapat dipilih untuk melakukan pengukuran dan peramalan dalam studi kelayakan proyek. Akan tetapi perlu disimak terlebih dahulu sebenarnya untuk apa pengukuran dan peramalan permintaan ini. Sesuai dengan judulnya, ada suatu cara/alat yang bisa kita gunakan untuk mengukur dan meramalkan sesuatu yang akan terjadi. Walau peramalan ini tidak bersifat mutlak akan terjadi. Tapi dengan adanya metode ini sedikit banyak membantu dalam pengambilan keputusan dalam proyek yang akan dilaksanakan. Pada dasarnya terdapat dua pendekatan utama dalam peramalan dengan metode kuantitatif. Pertama dengan pendekatan Time series, yakni model yang tidak memperhatikan hubungan sebab akibat atau dengan kata lain hasil peramalannya hanya memperhatikan kecenderungan dari data masa lalu yang tersedia. Pendekatan yang kedua adalah pendekatan yang memperhatikan sebab akibat (cause- effect method) atau pendekatan yang menjelaskan terjadinya suatu keadaan (explanatory method) oleh sebab-sebab tertentu. Tentu saja tidak semua variable penyebab/penjelas mampu dirangkum secara keseluruhan melainkan hanya beberapa diantaranya yang secara teoritik dinyatakan merupakan variable penjelas utama tercakup dalam model persamaan. Dengan kata lain hubungan sebab akibat yang terjadi bukan hubungan deterministic, melainkan hubungan stokastik.
Ø  Tujuan dalam konsep pemasaran
      Tujuan dalam konsep pemasaran adalah: mengenai kebutuhan dan keinginan konsumen, menguji bagaimana produk, dapat dialokasikan atau di rancang atau apakah produk baru perlu dipasarkan dan juga perlu adanya usaha terus berlanjut untuk memperkenalkan dampak negativ perusahaan setelah menemukan karakteristik produk dan karakteristik konsumen.
 KESIMPULAN
        Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa aspek pasar dan pemasaran adalah sebagai kegiatan yang direncanakan, dan diorganisasiknan yang meliputi pendistribusian barang, penetapan harga dan dilakukan pengawasan terhadap kebijakan-kebijakan yang telah dibuat yang tujuannya untuk mendapatkan tempat dipasar agar tujuan utama dari pemasaran dapat tercapai

Tag : artikel
0 Komentar untuk "Pengertian Aspek Pasar"

Back To Top